Langsung ke konten utama

NHW #3 KU

NICE HOMEWORK #3
By. Najihatul Mumtahanah_Simeulue

  1. Surat Cinta untuk suami >>>> Done
#Respon suami setelah menerima surat dan membacanya:
Beliau terharu dan sangat bersyukur memiliki istri seperti saya dan sempat membacakan puisi romantis untuk saya. Beliau berniat menulis surat cinta balasan, 😄

  1. Potensi anak
# Anak pertama, putri, 3 tahun 8 bulan:
  1. Mampu menangkap informasi dengan cepat, baik yang didengar maupun yang dilihat. Dengan hanya beberapa kali mendengarkan lagu atau kosakata asing (bahasa arab/inggris) ataupun ayat suci Al-Quran dia sudah bisa mengikutinya.
  2. Mampu bercerita dan mendeskripsikan ekspresi dengan benar. Misalnya, setelah menonton film kartun kesukaannya dia kerap kali menceritakan ulang film yang dia tonton dan mampu membedakan ekspresi sedih, senang, kesakitan, dll pada tokoh film yang dia tonton.
  3. Sangat ekspresif. Ketika senang dia akan tertawa, loncat-loncat, dan ketika sedih atau kecewa dia akan menangis, menjerit, atau diam.
  4. Sangat aktif. Hampir tidak bisa duduk manis walau sebentar, lebih suka lari, loncat, memanjat, memukul, melempar, dll. Juga ketika menonton film kartun kesukaannya dia akan mempraktekkan/menirunya.
  5. Memiliki daya imajinasi yang tinggi. Dia suka memainkan mainan2 nya, membuat dialog sendiri, atau berjalan dengan tangan dan kakinya, ternyata dia sedang berimajinasi menjadi seekor harimau, atau makan biskuit yang dia letakkan di lantai dengan cara mematuk-matuk, ternyata sedang berimajinasi menjadi ayam, 😄.

# Anak kedua, putri, 1 tahun 7 bulan:
  1. Sudah lebih mandiri. Hampir semua yang sudah mampu dia lakukan tidak mau dibantu ayah bundanya. Misalnya, makan, ambil minuman dari atas meja, buang sampah, jalan ke kamar mandi, pakai baju, gosok gigi, dll.
  2. Memiliki keinginan yang kuat. Ketika menginginkan sesuatu, selama belum dia dapatkan, dia akan terus memintanya meskipun dengan menangis.
  3. Mampu membela diri. Misalnya dia diganggu kakaknya atau kawannya dia akan membalas, baik dengan memukul, menarik, atau teriak.
  4. Mudah bergaul, baik dengan kawan seumuran, lebih tua, atau dengan orang tua. Ketika bertemu orang lain dia akan melambaikan tangannya (da-da) atau ketika diminta untuk cium tangan dia akan melakukannya dengan senang hati.
  5. Memahami perintah dan mampu melaksanakannya. Misalnya diminta tutup pintu, atau mengambil kain lap untuk membersihkan air minumnya yang tumpah, dia akan melakukannya dengan senang hati.

  1. Potensi diri
  1. Semenjak duduk di bangku sekolah saya sering mendapatkan nilai bagus n juara kelas, terutama ketika masuk pesantren Gontor di Jawa Timur. Juga ketika kuliah S1 dan S2 saya mendapat IPK akhir tertinggi di kampus tempat saya kuliah, dan keduanya saya dapatkan dengan beasiswa.
  2. Pelajaran sekolah yang paling saya sukai dan saya kuasai adalah Dirasah Islamiyah dan Dirasah ‘Arabiyah, sehingga ketika lulus sekolah saya diminta untuk mengajar di pesantren tempat saya menuntut ilmu, Gontor Putri 1. Saya menjadi guru di sana kurang lebih 6 tahun, dan materi2 yang saya ajar kebanyakan adalah Dirasah Islamiyah dan ‘Arabiyah. Juga ketika masih kuliah S2 saya sudah mengajar di Universitas Darussalam (dulu masih ISID) di Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Saya memiliki hobi menggambar, menulis kaligrafi Arab, dan seni. Ketika di sekolah dulu saya aktif dalam kegiatan2 tersebut. Dan hobi tersebut saya lanjutkan dengan anak-anak saya sekarang, saya sering membuatkan mereka Gambar2 yang kemudian saya tempelkan di dinding, membuat mainan2 menarik dari barang bekas, dll.
  4. Minat lainnya yang ada dalam diri saya adalah mengajar. Ketika mengikuti suami dinas di Aceh, otomatis saya harus cuti lama di kampus, tapi alhamdulillah seminggu sampai di pulau ini saya dapat tawaran untuk mengajar di SDIT Insan Kamil, dan saya menerimanya. Saya mengajar materi Tahfizh dan Bahasa Arab.
  5. Saya juga ternyata memiliki bakat bisnis atau berniaga, hal ini baru saya sadari. Berawal ketika resign dari mengajar karena melahirkan anak kedua, untuk mengusir kejenuhan di rumah saya mencoba hal baru, yaitu berjualan, meskipun awalnya malu2 tapi alhamdulillah bakat ini semakin terasah (itu kata suami saya 😄).
  6. Saya adalah orang yang mudah bergaul, dan mudah beradaptasi, alhamdulillah. Setelah menikah saya tinggal di rumah mertua dan alhamdulillah saya mampu membina hubungan yang baik dengan keluarga suami saya. Juga ketika saya harus jauh merantau ikut suami dinas di pulau Simeulue Aceh, saya juga mudah mendapatkan kawan, bahkan tetangga2 di sekitar rumah sudah kami anggap seperti saudara.

*Allah menghadirkan saya di keluarga saya sekarang dengan rencanaNya. Ilmu2 yang saya kuasai ternyata sangat mendukung suami, dalam pekerjaannya atau lainnya. Juga pengalaman saya mondok di pesantren dan kuliah, menjadikan saya terbiasa jauh dari orang tua dan keluarga, sehingga ketika saya harus tinggal jauh mengikuti kemanapun suami saya dinas saya sudah biasa.
Juga ilmu dan hobi saya ternyata bermanfaat untuk anak2 saya, saya bisa menjadi ibu, guru dan kawan bermain mereka.

  1. Tantangan lingkungan
  1. Di lingkungan tempat kami tinggal sekarang masih minim kegiatan keagamaan, seperti TPA, Sekolah Diniyah dan sejenisnya, sehingga banyak anak2 ukuran sekolah baik SD, SMP, ataupun SMA yang sering berkumpul-kumpul tanpa kegiatan yang bermanfaat, biasanya mereka bersuara keras, atau menyanyi keras2.
  2. Masyarakat di lingkungan tempat kami tinggal sekarang sangat menyukai Karaoke, hampir di setiap acara selalu diakhiri dengan kegiatan tersebut, baik itu walimah ‘ursy, ulang tahun, kampanye, bahkan setelah acara keagamaan seperti Maulid Nabi pun pasti ada karaokenya, dan lagu2 yang dinyanyikan adalah lagu2 dangdut yang sama sekali tidak bernafaskan islam. 😥

*Allah mentakdirkan keluarga kami tinggal  di pulau Simeulue sekarang, bukan tanpa alasan, mungkin Allah inginkan kami menjadi pewarna, yg positif tentunya, di lingkungan baru ini. Keilmuan dan pengalaman kami semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sini.

Komentar

Posting Komentar